• twitter
  • facebook
  • youtube
enid
Tentang Kami

TENTANG KAMI

Konsultan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) NUANSA TRADEMARK PATENT, merupakan konsultan khusus melayani pengurusan, pendaftaran, konsultasi dan penanganan perkara litigasi dan non-litigasi pada bidang Paten, Hak Cipta, Desain Industri, Merek, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, Rahasia Dagang, Perlindungan Varietas Tanaman, untuk Indonesia dan Internasional, dengan legal konsultan HKI R.I  Henky Solihin MZ,S.H.,M.H. terdaftar Nomor reg 476-2010 berdasarkan Surat Keputusan pengangkatan dari Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : M.HH-19.HI.07.01 TAHUN 2010.

JARINGAN DAN PENGALAMAN NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Intellectual Property Consultans Nuansa Trademarka Patent merupakan salah satu Konsultan HKI Terbesar di Indonesia yang mempunyai jaringan Nasional dan Internasional dengan standart dan integritas yang tinggi, dan memiliki mitra-mitra dan pengacara senior yang datang dari berbagai firma hukum terkemuka dan berpengalaman.
Dimasukkannya persetujuan mengenai Aspek-Aspek Hak Kekayaan Intelektual yang terkait dengan perdagangan (Agreement on Traderelated Aspects of Intellectual Property Rights) sebagai salah satu bagian dari paket Persetujuan Pembentukan Organisasi Perdagangan Se-Dunia (Agreement Establishing the World Trade Organization) merupakan bukti nyata semakin pentingnya peran HKI dalam perdagangan.
Di dalam memenuhi standarisasi WIPO (World Intellectual Property Oganization), Henky Solihin MZ, S.H., M.H. selain tercatat sebagai Konsultan yang mendapat pendidikan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual bekerja sama dengan Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) juga mengikuti pendidikan-pendidikan singkat di luar negeri yang diikuti diantaranya Intellectual Property Office of Singapure dan pendidikan World Intellectual Property Organization, sedangkan pengalaman pengajuan paten internasional jalur PCT (Patent Cooperation Treaty) Nuansa Trademark Patent termasuk salah satu konsultan pertama ditahun 2010 yang memasukan pendaftaran paten Internasional. Menurut Prof. DR. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L. Guru besar Universitas Andalas yang meraih gelar Doktor dalam bidang Hukum Perlindungan Hak Milik Intelektual pada Universitat der Bundeswehr Munchen Jerman atas beasiswa DAAD Bonn, dalam Bukunya menyebutkan “Khusus masalah paten internasional, Indonesia berada pada situasi yang mengkhawatirkan bila dibandingkan dengan Negara-Negara lainya di Dunia. Berdasarkan pada data Annual Report WIPO tahun 2000, tidak satupun aplikasi paten yang diajukan warga Negara Indonesia (WNI).

LITIGASI PENANGANAN PERKARA HKI
Litigasi dan non litigasi menyelesaikan penanganan perkara atas pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual seperti :

  1. Laporan Penanganan Perkara di Polrestabes Medan atas Pelanggaran Paten ATFG-8,
  2. Penanganan perkara sampai tingkat Mahkamah Agung atas pelangaran Paten ATFG-8 di Pekan Baru, Riau,
  3. Penganan perkara sampai tingkat Mahkamah Agung atas pelangaran Paten ATFG-8 di Solo, Jawa Tengah,
  4. Penanganan perkara Merek Dagang Pak Atang di Polda Jawa Barat,
  5. Litigasi Perkara Merek dagang Lois de Pitong,
  6. Perkara Merek dan Hak Cipta Tridee Goal di Polda Jabar
  7. Laporan pengunaan seni Gambar Kripik Pedas Ma Ichi,
  8. Pengalaman menjawab surat keberatan atas permohonan merek Pa Ikin melawan merek air mineral Aqua,
  9. Dipercaya oleh beberapa merek ternama untuk menjadi advokasi dan monitoring brand Market, Corporate Lawyer dibebrapa prusahaan swasta dan lain-lain.

KEGIATAN LAINNYA
Kegiatan lainnya selain menjadi konsultan senior pada Kantor Nuansa Trademark Patent dan legal coorporate di beberapa perusahaan, Henky Solihin MZ, S.H., M.H.

  1. Aktif menulis tentang Hak Kekayaan Intelektual pada media cetak seperti pada koran Harian Umum Pikiran Rakyat,
  2. Mengajar / dosen khusus untuk pendidikan Advokat,
  3. Tercatat sebagai salah satu undangan untuk menjadi nara sumber pembuatan rancangan Peraturan Daerah Jawa Barat (PERDA) tentang perlindungan Hak Kekayaan Intelektual bersama Dirjen HKI Prof. Dr. Ahmad M Ramli, S.H., M.H.,FCBArb, Direktur penyidik HKI Fatlurachman,S.H., M.H dan kepala Hukum Kanwil Jabar DRS. Karjono, S.H., M.H. Sebagai salah satu pendiri Lembaga Bantuan Hukum Hak kekayaan Intelektual Indonesia yang berpusat di Jakarta (LBH HKI INDONESIA ),
  4. Peserta diskusi publik naskah akademik Rancangan Undang-Undang Tentang Merek tahun 2015.
  5. Dipercaya Parlemen DPRR-RI pada Pansus RUU Paten untuk menjadi narasumber pendapat Rancangan Undang-undang Paten usulan pemerintah,
  6. Diundang menjadi pembicara terkait Revisi Undang-undang nomor 14 Tahun 2001 Tentang Paten di Fraksi NasDem DRP-RI,
  7. Menjadi Narasumber pertama yang dtayangkan pada berita RCTI seputar jabar terkait perlindungan Hukum Indikasi Geografis fenomena maraknya batu akik dan lain-lain.

DEPARTEMEN

  1. Law Office HSMZ & Parthen. (Senior Advokat, Cooporate Lawyer )
  2. Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Nuansa Trademark Patent. Sebagai penanganan, pendaftaran resmi dan konsultasi tentang Paten, Merek, Desain Industri, Hak Cipta, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, Rahasia Dagang dan Perlindungan Varietas Tanaman nasional dan internasional.
  3. Law Firm Nuansa Trademarkindo, penanganan litigasi dan non-litigasi perkara Hak Kekayaan Intelektual.
  4. Law Firm M. Irwan Nasution, S.H. Henky Solihin MZ, S.H., M.H.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN KONSULTAN HKI

Konsultan Hak Kekayaan Intelektual diangkat dan diatur pada peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 84 Tahun 2006 Tentang Tata Cara Pengangkatan Konsultan Hak Kekayaan Intelektual dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 2 Tahun 2005 tentang Konsultan Hak Kekayaan Intelektual dan tercatat di Kementerian Kehakiman Republik Indonesia Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual dengan tugas dan fungsi disamping mempunyai keahlian dibidang Hak Kekayaan Intelektual dan secara khusus memberi layanan pengajuan pengurusan permohonan Hak Kekayaan Intelektual.

Menjadi kuasa untuk mewakili kekayaan secara intelektual para pemohon yang pengurusannya melalui konsultan dan nama konsultan bukan saja tertera pada formulir aplikasi pendaftaran juga tertera pada sertifikat sebagai bukti hak eksklusif yang diberikan oleh negara bagi pemilik pengajuan HKI tersebut.